Rabu, 18 Maret 2015

Benda Cagar Budaya Surau Syekh Burhanuddin

Surau yang pertama kali didirikan Syekh Burhanuddin bersama rekannya Idris Khatik majolelo pada tahun 1017 H di Tanjuang Medan Ulakan Tapakis. Surau ini dahulunya beratapkan Ijuk. Orang yang datang kesini dari berbagai daerah untuk belajar/menimba ilmu agama islamdan  mereka mendiri satu buah surau dilingkungan ini, akhirnya berjumlah 101 surau.



Nama Asli Syekh Burhanuddin adalah KANON ini pemberian dari Orang tuanya,  Ayahnya bernama POMPAK dan Ibunya CHUKIAH dari suku piliang. Sewaktu berumur 10 s/d 15 tahun  oleh gurunya Syeh Abdul Alif diberi nama PONO, Setelah itu pergi ke Aceh untuk menimba ilmu ± 30 tahun disana oleh gurunya Syeh Abdul Rauf  diganti nama menjadi Syeh Burhanuddi yang artinya Orang memberi keterangan agama.

Sebelum Syekh burhanuddin menyebarkan ilmu yang diperolehnya, Syeh abdul Rauf memberikan  3 macam bekal seperti Tanah Kuburan, Tanah tempat mendirikan Surau, Tanah mendirikan mesjid.   Pertama kali syeh burhanuddin sampai di Pariman di Pulau anggso duo Pada tahun 1017 H,  lewat masyarakat beliau berpesan  meminta Idris Khatik majolelo menjemputnya ke pulau anggso dan membawa beliau ke  ulakan  dahulunya masih rimba. Saat beliau berada daerah itu beliau menimbang tanah kuburan yang dibawanya dengan tanah daerah tersebut, dimana yang berat berarti daerah tersebut tempat perkuburan,  pada idris beliau berpesan seandainya dia meninggal kuburkan didaerah ini. Setelah itu Idris membawa Beliau kekampungnya di tanjuang medan. Sampai dikampung Idris beliau menimbang tanah surau dan tanah mesjid yang dibawanya dengan tanah daerah ini ternyata berat tanah di tanjuang medan akhirnya berdirilah surau dan Mesjid. Disurau inilah beliau mengembangkan ilmu agama islam.  banyak berdatangan dari daerah minang kabau untuk menimba ilmu pengetahuan tentang agama islam. Orang-orang yang datang dari berbagai daerah membuah satu buah surau kaum, akhirnya berjumlah 101 surau  kecil dilingkungan surau ini.  Syeh burhanuddin adalah orang kepercayaan dari Guru beliau Syeh Abdul Rauf. Didaerah ini banyak menghasilkan Ulama-ulama.

Pada tahun 1111 H beliau wafat di surau Tanjuang Medan, rencananya beliau akan dimakamkan di kampung idris. Setelah dimandikan, dikafani dimasukan dalam keranda dan diusung menuju pusara dalam perjalanan ketempat pemakaman pengikut-pengikut beliau membaca salawat nabi   sampai ditempat pemakaman salawat belum juga berhenti berkumandang di udara sementara tanah perkuburan sudah digali (bohong) tapi tidak jadi digunakan mengingat pesan beliau akhirnya diikutilah kumandang salawat nabi tadi sampailah di ulakan akhirnya dimakamkan di sana.

Setelah beliau meninggal masih banyak berdatangan jemaah untuk belajar ke surau ini dan sudah banyak menghasilkan ulama-ulama.

Saat ini Juru pelihara surau Gadang Syekh Burhanuddin adalah Bustami Tk. Majolelo sudah ada SK dari Kepala Balai Pelestarian Cagar Budaya Propinsi Sumbar Riau No. 034/F/CB2/HK/20K/2014 tentang Pengangkatan juru Pelihara Cagar Budaya dan situs. Saat ini surau Gadang sedang direnovasi oleh BP3 Batu Sangkar karena bahannya sudah dimakan rayap dan diganti dengan bahan yang sama tidak merubah bentuk.

(Sumber: Blog Padang Pariaman Tourism)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar